Sabtu, 15 Juni 2013

UAS Met Pembelajaran IPS MI



UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

MATA KULIAH : Metodologi Pembelajaran IPS MI
HARI/JAM BELAJAR : Rabu./10.30-12.10
RUANG /KELOMPOK :MI 04/11-27-3
DOSEN : Yulia Tri Samiha M.Pd
KETERANGAN : KUMPULKAN KAMIS 20 JUNI 2013


PERTANYAAN:


1. Fakta, konsep dan generalisasi merupakan suatu rangkaian sistem yang saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu ketiganya merupakan bahan kajian utama dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. Coba anda jelaskan kedudukan atau peranan fakta, konsep dan generalisasi dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ? dan bagaimana keterkaitan antara fakta, konsep dan generalisasi ?


2. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan uraian yang baik serta dilengkapi dengan contoh.
a. Jelaskan kondisi masyarakat dalam abad globalisasi ?
b. Mengapa teknologi informasi dapat memacu proses globalisasi ?
c. Program pembangunan macam apa yang perlu dikembangkan Indonesia dalam kerangka menghadapi globalisasi ?

3. Keterampilan bertanya terdiri dari keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut.( Bolla dan Pah,1984). Keterampilan bertanya dasar memiliki beberapa komponen yang perlu diterapkan dalam menyajikan pertanyaan sementara keterampilan bertanya lanjut merupakan lanjutan dari keterampilan bertanya dasar, yang lebih mengutamakan upaya mengembangkan kemampuan berpikir siswa agar terbiasa melakukan inisiatif sendiri. Dalam mengajukan pertanyaan kepada siswa saat proses pembelajaran sedang berlangsung terdapat beberapa syarat dalam mengajukan pertanyaan yang baik dan cara mengajukan pertanyaanpun harus memiliki ketentuan .Apa sajakah syarat dan ketentuannya dan sebutkan beberapa alasan mengapa seorang guru sangat penting mwmiliki keterampilan bertanya ?


4. Setiap generalisasi yang telah disusun dan dikembangkan masih perlu diuji kebenaran dan keabsahannya agar generalisasi tersebut tidak keliru dan dapat diterima dalam masyarakat. Oleh sebabb itu sebelum kita menguji suatu generalisasi maka perlu dipahami dulu beberapa karakteristiknya. Sebutkan dan jelaskanlah masing masing karakteristik tersebut?


5. Selamat bekerja semoga anda sukses

0 komentar:

Posting Komentar