Sabtu, 15 Juni 2013

UAS MET PEMBELAJARAN IPS



UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

MATA KULIAH : Metodologi Pembelajaran IPS MI
HARI/JAM BELAJAR : Selasa/13.20 - 15.00
 RUANG/KELOMPOK : MI 03/ 11-27-1
DOSEN : Yulia Tri Samiha M.Pd
KETERANGAN : KUMPULKAN KAMIS 20 JUNI 2013


PERTANYAAN:

1. Generalisasi adalah sebuah pernyataan yang disusun dari sejumlah konsep yang membentuk makna tertentu dan masih perlu diuji atau dibuktikan kebenarannya melalui proses penelitian. Coba anda susun generalisasi untuk setiap disiplin ilmu masing masing dua buah ?

2. Manusia adalah merupakan satu kesatuan jiwa dan raga yang tak dapat dipisah- pisahkan satu sama lain. Abu Ahmadi mengemukakan bahwa seorang individu merupakan suatu sistem yang terdiri dari subsistem pisik-biologis dan sub mental-psikologis. Coba anda jelaskan mangapa manusia selaku individu memiliki suatu kepribadian ? dan jelaskan pula apa yang dimaksud dengan masyarakat ?

3. Pertanyaan yang diajukan oleh guru sebaiknya dipusatkan kepada dua permasalahan, pertama memfokuskan kepada ruang lingkup pertanyaan yaitu pertanyaan yang bersifat luas atau terbuka dan pertanyaan yang menyempit, kedua memfokuskan terhadap jumlah tugas yang harus dilakukan siswa sebagai akibat pertanyaan guru. Coba anda jelaskan dan berikan contohnya dari kedua pernyataan diatas ? 

4. Terdapat beberapa hal yang berhubungan dengan fenomena fisik (lingkungan alam) dan fenomena manusia (lingkungan sosial). Coba anda jelaskan hal hal yang berhubungan dengan kedua fenomena tersebut dibawah ini
a. Jelaskan hakekat dari ekosistem ?
b. Jelaskan perbedaan aliran dalam hubungan manusia dengan alam lingkungannya yaitu antara  aliran fisis determinis dan posibilis ?
c. Jelaskan sejumlah respon manusia terhadap alam lingkungannya yang menimbulkan kebudayaan ?


5. Selamat bekerja semoga anda sukses

0 komentar:

Posting Komentar