Selasa, 12 Maret 2013

SAP SOSIOLOGI PENDIDIKAN



SATUAN ACARA PERKULIAHAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
 A. PENGANTAR IDENTITAS
Nama Mata Kuliah            :  SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Jurusan                              :  PGMI, Matematika, Biologi, Bahasa Arab
Nama Dosen                     :   Yulia Tri Samiha, MPd
Email                                 : yyyulia_samiha@yahoo.co.id
Blog                                  :  yuliatrisamiha.blogspot.com
HP                                    :  08127815380
B. DISKRIPSI MATA KULIAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Mata kuliah ini membahas tentang struktur dan proses-proses sosial yang terjadi dalam pranata pendidikan serta kaitannya dengan pranata lainnya. Pendidikan ini tidak hanya pendidikan formal melainkan juga pendidikan informal dan nonformal. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi : Pengertian konsep sosiologi pendidikan, pengertian pendidikan dan stratifikasi, pengertian pendidikan mobilitas, pendidikan dan ekonomi, pendidikan dan perubahan sosial, pendidikan dan profesionalisme, pendidikan dan aspek politik.

C. KOMPETENSI
     1. Tujuan pembelajaran
:
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
a. Mampu menjelaskan berbagai konsep pokok sosiologi pendidikan, ruang lingkup sosiologi pendidikan

b. Mampu menjelaskan proses sosial yang terjadi dalam pranata pendidikan serta kaitannya dengan pranata lain seperti : Pendidikan dan stratifikasi serta pendidikan dan mobilitas, pendidikan dan ekonomi, pendidikan dan perubahan sosial, pendidikan dan profesionalisme, pendidikan dan aspek politik.





D. MATERI
NO
PERTEMUAN
DISKRIPSI MATERI
1
I
1.  Kontrak Perkuliahan
 Kesepakanan kontrak mata kuliah, SAP, Referensi mata     kuliah.
2.  Sosiologi pendidikan
Pengertian-pengertian konsep dan ruang lingkup sosiologi pendidikan, tujuan dan manfaat mempelajari sosiologi
pendidikan, pentingnya mempelajari sosiologi pendidikan

2
II
3.  Peletak dasar sosiologi pendidikan
4.  beberapa teori  sosiologi yang menganalisis pendidikan
3
III
5. Perkembangan konsep pendidikan dan klasifikasi
pendidikan
4
IV
6. Perkembangan konsep pendidikan, pendidikan formal,   pendidikan informal dan pendidikan non formal
5
V
UTS
6
VI
7.  Pendidikan dan stratifikasi serta pendidikan dan mobilitas
7
VII
8. Sifat stratifikasi sosial, hubungan antara status sosial  keluarga dengan pendidikan, diterminan mobilitas sosial, pendidikan sebagai saluran mobilitas
8
VIII
9. Pendidikan dan ekonomi
10. Kontribusi pendidikan terhadap kesuksesan ekonomi.
11. Tantangan dunia pendidikan di Indonesia saat ini (kasus)

9
IX
12. Pendidikan dan perubahan sosial
13. Konsep-konsep perubahan sosial,
14. Pendidikan sebagai sosialisasi kebudayaan,
15. teori-teori perubahan sosial budaya

10
X
16.  Pendidikan dan profesionalisme
17.  Ciri-ciri umum dari pekerjaan atau jabatan sebagai
profesi, munculnya pengajaran sebagai perkembangan,
profesionalisasi, organisasi profesional

11
XI
18. Pendidikan dan aspek politik
19. Makna demokrasi, tantangan pendidikan
      dalam pembangunan politik

12
XII
UAS


E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Perkuliahan dilakukan dalam bentuk presentasi dan diskusi kelas yang akan disampaikan oleh dosen. Disamping itu mahasiswa diberi tugas mencari artikel dan meresume bahan kuliah yang berkaitan dengan Sosiologi Pendidikan sesuai ketentuan dan didiskusikan di dalam kelas.

F. REFERENSI
1. Adiwikarta, Sudardja ( 1988 ) Sosiologi Pendidikan Isyu dan Hipotesis tentang  Hubungan pendidikan dengan Masyarakat

2. Ahmadi, Abu (1991) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta

3. Dimyati, Mahmud (1989) Dasar-Dasar Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

4. Gunawan, Ary, (2000) Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta

5.Karsidi, Ravik, (2005) Sosiologi Pendidikan, Surakarta, Penerbit Lembaga  Pengembangan Pendidikan (LPPS) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS

6. Jong De. S. C. N (1984) Sosiologi Pendidikan, Jakarta .PT Sangkala

7. Manan, Imran (1989) Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan, Jakarta (Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
.
8. Nasution (1995) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara

9. Qomari, Anwar (2004) Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran, Uhamka Press

10. Robinson Philip, (1981) Sosiologi Pendidikan, Jakarta, CV Rajawali

11. Swift, F. D (1989) Sosiologi Pendidikan Pada Perspektif Pendahuluan Analitis,  Jakarta, Penerbit Bharat

12. Sanafiah , Faisal, Sosiologi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional

13. Soetjipto ( (1994) Profesi KeguruanJakarta, Rineka Cipta
.
14. Sanderson k Stephen (2000) Makro Sosiologi, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada

15. Vemriarto (1982 ) Sosiologi Pendidikan, Jogjakarta, Yayasan Paramita

16. Wuradji, (1988) Sosiologi Pendidikan Sebuah Pendekatan Sosiologi-Antropologi,
            Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi

17. Oneil F William, (2002) Idiologi-Idiologi Pendidikan, Pustaka Pelajar, Jogyakarta.

18. Zamroni, ( 2001) Pendidikan Untuk Demokrasi, Jogjakarta, Bigraf

G.  EVALUASI
    1. Penilaian poses belajar melalui pengamatan, observasi, tanya jawab, dan tugas.
    2. Penilaian hasil belajar melalui tugas individu/kelompok.
      1. UTS                                  : 30 % (N1)
      2. UAS                                 : 40 % (N2)
      3. Penugasan                        : 20 % (N3)
      4. Performan                        : 10 % (N4)

0 komentar:

Posting Komentar