Sabtu, 15 Juni 2013

UAS IBD ISD



UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

MATA KULIAH : IBD/ISD
HARI/JAM BELAJAR : Senin/08.50-10.30 wib
RUANG/KELOMPOK : BM 02/12-22-2
DOSEN : Yulia Tri Samiha M.Pd
KETERANGAN : KUMPULKAN KAMIS 20 JUNI 2013


PERTANYAAN:

1. Dilema antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat adalah pertanyaan dan persoalan yang sering muncul dalam masyarakat. Kepentingan manakah yang harus saya utamakan, kepentingan selaku individu atau kepentingan masyarakat tempat saya hidup bersama? Terdapat dua pandangan dalam masyarakat yang akhirnya muncul sebagai paham atau aliran yang dipegang dalam masyarakat, pandangan individualisme dan pandangan sosialisme. Coba anda jelaskan dilema antara kepentingan individu dan masyarakat ini ditinjau juga dari kedua paham diatas?

2. Manusia dalam pemenuhan hidupnya akan berinteraksi dengan manusisa lain, masyarakat akan berhubungan dengan masyarakat lain, demikian pula terjadi hubungan antar persekutuan hidup manusia dari waktu ke waktu dan terus berlangsung sepanjang kehidupan manusia. Kehidupan yang ada ikut pula mengalami dinamika seiring dengan dinamika pergaulan hidup sebagai pemilik kebudayaan. Berkaitan dengan hal tersebut kita mengenal adanya pewarisan kebudayaan, perubahan kebudayaan dan penyebaran kebudayaan. Coba anda jelaskan arti dan makna dari:
a.. Pewarisan kebudayaan
b.. Perubahan kebudayaan
c. Penyebaran kebudayaan

3. Globalisasi, termasuk globalisasi budaya saat ini tengah melanda diri bangsa Indonesia. Apakah menurut anda globalisasi budaya itu berdampak positif atau negatif bagi manusia Indonesia? Berikan alasan yang jelas ?

4. Arnold Y.Toynbee, sejarawan asal Inggris mengatakan lahirnya peradaban itu diuraikan dengan teori challenge and respons. Peradaban itu lahir sebagai respons (tanggapan)  manusia yang dengan segenap daya upaya dan akalnya menghadapi, menaklukkan, dan mengolah alam sebagai tantangan (challenge) guna mencukupi kebutuhan dan melestarikan kelangsungan hidupnya.
a. Apakah setiap kebudayaan akan menghasilkan peradaban ?
b.apakah peradaban mengalami perkembangan, berikan contohnya.
c. Sebutkan ciri ciri dari masyarakat adab atau berkeadaban?

5. Selamat bekerja semoga sukses

0 komentar:

Posting Komentar