Kamis, 19 Desember 2013

SOAL UAS IAD IBD ISD MI 01 DAN MI 04 DES 2013

FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG
UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH : IAD, ISD, IBD
HARI : RABU DAN KAMIS
KELOMPOK: MI 01 DAN MI 04
DOSEN : YULIA TRI SAMIHA, M.Pd


SOAL
1. Pendekatan struktural–fungsional memandang masyarakat sebagai suatu sistem yang secara fungsional terintegrasi ke dalam suatu bentuk keseimbangan, sehingga sering pula disebut pendekatan tertib sosial, pendekatan integrasi atau pendekatan keseimbangan.
Coba saudara jelaskan Asumsi dasar dari pendekatan struktural fungsional ? Dan berikan tanggapan anda ?

2. Pengkajian tingkat budaya dapat dipelajari dengan melepaskan diri dari struktur sosial atau hubungan antar pribadi yang tercakup dalam ciptaan atau penyebarannya. Hal ini dinyatakan oleh Sorokin (1975) bahwa kesatuan organis dari gejala budaya dan tingkat sosial budaya harus dianalisa terpisah dari tingkat individu.
Bagaimanakah Pokok pikiran Sorikin tentang analisa tingkat budaya ? Dan berikan juga tanggapan anda ?

3. Dikalangan ilmuan ada keseragaman pendapat, bahwa ilmu itu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur, yang diperoleh dengan pangkal tumpuan (objek) tertentu dengan sistematis, metodis, rasional/logis, empiris, umum, dan akumulatif.
Coba jelaskan bagaimanakah cara membuktikan apakah isi pengetahuan itu benar ? Dan berikan juga tanggapan anda ?

4. Pembangunan adalah suatu proses perubahan pada masyarakat yang direncanakan menuju suatu keadaan yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembangunan nasional dengan berlandaskan pada nilai nilai tertentu.
Hal hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk memahami pengertian pembangunan ? Dan berikan juga tanggapan anda ?

5. Manusia sebagai makhluk budaya. Manusia menciptakan suatu kebudayaan, sebagai proses pembebasan yang melepaskan diri dari kesulitan kesulitan hidupnya, baik terhadap alam, binatang, sesama manusia maupun alam adikodrati. Jelaskan mengapa manusia menciptakan kebudayaan ?

0 komentar:

Posting Komentar