Senin, 11 Maret 2013

SAP ISD,IBD



Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ISD, IBD
A. PENGANTAR IDENTITAS
Nama Mata Kuliah            :  ISD, IBD
Jurusan                              : PGMI, Matematika, Biologi
Nama Dosen                     : Yulia Tri Samiha, MPd
Email                                 : yyyulia_samiha@yahoo.co.id
Blog                                  : yuliatrisamiha.blogspot.com
HP                                    : 08127815380
B. DISKRIPSI DAN URGENSI MATA KULIAH ISBD
Mata kuliah Sosial, dan Budaya Dasar (ISBD) adalah salah satu  dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)) di IAIN Raden Fatah Palembang. Visi mata kuliah ini merupakan sumber nilai dan pedoman guna mengantarkan mahasiswa  memantapkan: kepribadian, kepekaan lingkungan dan sosial, kemampuan hidup bermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian, dan mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, dan seni. Misinya adalah membantu menumbuhkembangkan: daya kritis, daya kreasi, apresiasi, dan kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai sosial dan budaya yang menjadi kearifan local (local wisdom) demi memantapkan kepribadiaannya sebagi bekal hidup bermasyarakat selaku makhluk  individu dan mahluk sosial yang (a) agamis, (b) bersifat demokratis, berkeadaban, dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, bermartabat, (c) memiliki kemampuan untuk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan seni, dan (d) ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah sosial budaya dan lingkungan hidup secara arif. Mata kuliah ISBD mengetengahkan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep manusia, konsep-konsep kebudayaan, konsep-konsep sosiologi, konsep-konsep nilai, moral, dan hukum, dan konsep-konsep  seni, dan lingkungan.
C. KOMPETENSI
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
1
Mahasiswa mampu memahami pengertian dan ruang lingkup kajian  ISD, & IBD.
  1. Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup kajian , ISD, & IBD
  2. Manganalisis pengertian dan ruang lingkup  ISD, & IBD.
  3. Memadukan beberapa  pengertian dan ruang lingkup ISD, & IBD.
2
Mahasiswa mampu memahami arti seni dan problematikanya kaitannya dengan Islam
  1. Menjelaskan  arti seni dan problematikanya.
  2. Membedakan teori macam –macam seni dan problematikanya kaitannya dengan Islam.
3
Mahasiswa mampu memahami  kebutuhan manusia terhadap agama, filsafat, dan keindahan
  1. Menjelaskan hubungan manusia dengan  agama.
  2. Menjelaskan  arti filsafat hidup.
  3. Menjelaskan  kebutuhan manusia terhadap keindahan.
4
Mahasiswa mampu memahami  arti pandangan hidup, tanggung jawab, dan sikap optimisme
  1. Menjelaskan arti  pandangan hidup, tanggung jawab, dan sikap optimisme
  2. Menjelaskan arti penting pandangan hidup kaitannya dengan tanggung jawab
  3. Menjelaskan guna sikap optimisme dalam kehidupan.
5
Mahasiswa mampu memahami arti cinta-kasih, penderitaan, dan keadilan
  1. Menjelaskan arti cinta-kasih, penderitaan, dan keadilan
  2. Menjelaskan upaya manusia menumbuhkan cinta-kasih, mengatasi penderitaan, dan mewujudkan keadilan
6
Mahasiswa mampu memahami kebudayaan primitif, agraris, dan industrial
  1. Menjelaskan  kebudayaan primitif, agraris, dan industrial
  2. Menyebutkan perbedaan kebudayaan primitif, agraris, dan industrial
  3. Mengkritisi  kebudayaan primitif, agraris, dan industrial
7
Mahasiswa mampu memahami  tentang individu, keluarga, dan masyarakat
  1. Menjelaskan posisi manusia sebagai individu.
  2. Menjelaskan arti penting lembaga keluarga.
  3. Menjelaskan posisi individu dan keluarga  dalam masyarakat
8
Mahasiswa mampu memahami  tentang negara, warga negara, dan problematika demokrasi
  1. Menjelaskan  arti negara, warga negara, dan problematika demokrasi
  2. Menyebutkan perbedaan pelbagai teori negara  dan perannya dalam kehidupan
9
Mahasiswa mampu memahami  stratifikasi sosial dan problematikanya
  1. Menjelaskan terjadi pelapisan sosial dan ukuran-ukuran yang dipakai.
  2. Mengidentifikasikan problematika-nya.
  3. Menganalisis solusi problematika-nya
10
Mahasiswa mampu memahami  permasalahan kependudukan masyarakat perkotaan dan pedesaan
  1. Menjelaskan  masalah kependudukan masyarakat perkotaan dan pedesaan
    1. Menjelaskan solusi masalah kependudukan masyarakat perkotaan dan pedesaan.

D. MATERI
No
Jadwal
Deskripsi Materi
Pertemuan
Tanggal
1
I

Pengertian dan ruang lingkup kajian, ISD, & IBD.
2
II

Seni dan problematikanya kaitannya dengan Islam
3
III

Agama, Filsafat, dan Keindahan
4
IV

Pandangan hidup, tanggung jawab dan sikap optimis
5
V

UTS
6
VI

Cinta-kasih, penderitaan, dan keadilan
7
VII

Kebudayaan primitif, agraris, dan industrial
8
VIII

Individu, keluarga, dan masyarakat
9
IX

Negara, warga negara, dan problematika demokrasi
10
X

Stratifikasi social dan problematikanya
11
XI

Kependudukan masyarakat perkotaan dan pedesaan
12
XII

UAS

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Perkuliahan dilakukan dalam bentuk presentasi dan diskusi kelas yang akan disampikan oleh dosen. Disamping itu mahasiswa diberi tugas mencari artikel yang berkaitan dengan ISBD sesuai ketentuan dan didiskusikan di dalam kelas.

F. REFERENSI
Abd. Mu’in Salim, Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Al-Qur’an, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1994.
Abu Ahmad, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta : Bina Aksara, 1988.
Asghar Ali Engineer, Devolusi Negara Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2003.
Cheppy Harucahyono, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya : PT. Usaha Nasional, 1989.
Hasan Al-Turabi, Fiqih Demokratis, Bandung : PT. Arasy, 2003.
M. Arifin Noor, Ilmu Sosial Dasar, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.
Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali Pers, 1992.
Mawardi & Nur Hidayati, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2007.
P. Soedarno, dkk, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.
Rohiman Notowidago, Ilmu Budaya Dasar berdasarkan al-Qur’an Dan Hadits, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1997.

G.  EVALUASI
    1. Penilaian poses belajar melalui pengamatan, observasi, tanya jawab, dan tugas.
    2. Penilaian hasil belajar melalui tugas individu/kelompok.
      1. UTS                                  : 30 % (N1)
      2. UAS                                 : 40 % (N2)
      3. Penugasan                        : 20 % (N3)
      4. Performan                        : 10 % (N4)

0 komentar:

Poskan Komentar