Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ISD, IBD
A. PENGANTAR
IDENTITAS
Nama Mata
Kuliah : ISD, IBD
Jurusan
: PGMI, Matematika, Biologi
Nama
Dosen
: Yulia Tri Samiha, MPd
Email
: yyyulia_samiha@yahoo.co.id
Blog
: yuliatrisamiha.blogspot.com
HP
: 08127815380
B. DISKRIPSI
DAN URGENSI MATA KULIAH ISBD
Mata kuliah Sosial, dan Budaya Dasar (ISBD) adalah
salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)) di
IAIN Raden Fatah Palembang. Visi mata kuliah ini merupakan sumber nilai dan
pedoman guna mengantarkan mahasiswa memantapkan: kepribadian, kepekaan
lingkungan dan sosial, kemampuan hidup bermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian,
dan mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, dan seni. Misinya
adalah membantu menumbuhkembangkan: daya kritis, daya kreasi, apresiasi, dan
kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai sosial dan budaya yang menjadi kearifan
local (local wisdom) demi memantapkan kepribadiaannya sebagi bekal hidup
bermasyarakat selaku makhluk individu dan mahluk sosial yang (a) agamis,
(b) bersifat demokratis, berkeadaban, dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan,
bermartabat, (c) memiliki kemampuan untuk menguasai dasar-dasar ilmu
pengetahuan dan seni, dan (d) ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah
sosial budaya dan lingkungan hidup secara arif. Mata kuliah ISBD mengetengahkan
pengetahuan dasar tentang konsep-konsep manusia, konsep-konsep kebudayaan,
konsep-konsep sosiologi, konsep-konsep nilai, moral, dan hukum, dan
konsep-konsep seni, dan lingkungan.
C.
KOMPETENSI
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Kompetensi
|
1
|
Mahasiswa
mampu memahami pengertian dan ruang lingkup kajian ISD, & IBD.
|
|
2
|
Mahasiswa
mampu memahami arti seni dan problematikanya kaitannya dengan Islam
|
|
3
|
Mahasiswa
mampu memahami kebutuhan manusia terhadap agama, filsafat, dan keindahan
|
|
4
|
Mahasiswa
mampu memahami arti pandangan hidup, tanggung jawab, dan sikap
optimisme
|
|
5
|
Mahasiswa
mampu memahami arti cinta-kasih, penderitaan, dan keadilan
|
|
6
|
Mahasiswa
mampu memahami kebudayaan primitif, agraris, dan industrial
|
|
7
|
Mahasiswa
mampu memahami tentang individu, keluarga, dan masyarakat
|
|
8
|
Mahasiswa
mampu memahami tentang negara, warga negara, dan problematika demokrasi
|
|
9
|
Mahasiswa
mampu memahami stratifikasi sosial dan problematikanya
|
|
10
|
Mahasiswa
mampu memahami permasalahan kependudukan masyarakat perkotaan dan
pedesaan
|
|
D. MATERI
No
|
Jadwal
|
Deskripsi
Materi
|
|
Pertemuan
|
Tanggal
|
||
1
|
I
|
Pengertian
dan ruang lingkup kajian, ISD, & IBD.
|
|
2
|
II
|
Seni dan
problematikanya kaitannya dengan Islam
|
|
3
|
III
|
Agama,
Filsafat, dan Keindahan
|
|
4
|
IV
|
Pandangan hidup, tanggung jawab dan sikap optimis
|
|
5
|
V
|
UTS
|
|
6
|
VI
|
Cinta-kasih,
penderitaan, dan keadilan
|
|
7
|
VII
|
Kebudayaan
primitif, agraris, dan industrial
|
|
8
|
VIII
|
Individu,
keluarga, dan masyarakat
|
|
9
|
IX
|
Negara,
warga negara, dan problematika demokrasi
|
|
10
|
X
|
Stratifikasi
social dan problematikanya
|
|
11
|
XI
|
Kependudukan
masyarakat perkotaan dan pedesaan
|
|
12
|
XII
|
UAS
|
E. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Perkuliahan
dilakukan dalam bentuk presentasi dan diskusi kelas yang akan disampikan oleh
dosen. Disamping itu mahasiswa diberi tugas mencari artikel yang berkaitan
dengan ISBD sesuai ketentuan dan didiskusikan di dalam kelas.
F. REFERENSI
Abd. Mu’in
Salim, Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Al-Qur’an, Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada, 1994.
Abu Ahmad, Ilmu
Sosial Dasar, Jakarta : Bina Aksara, 1988.
Asghar Ali
Engineer, Devolusi Negara Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2003.
Cheppy
Harucahyono, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya : PT. Usaha Nasional, 1989.
Hasan
Al-Turabi, Fiqih Demokratis, Bandung : PT. Arasy, 2003.
M. Arifin
Noor, Ilmu Sosial Dasar, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.
Maskoeri
Jasin, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali Pers, 1992.
Mawardi
& Nur Hidayati, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya
Dasar, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2007.
P. Soedarno,
dkk, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.
Rohiman
Notowidago, Ilmu Budaya Dasar berdasarkan al-Qur’an Dan Hadits, Jakarta:
PT. RajaGrafindo Persada, 1997.
G. EVALUASI
- Penilaian poses belajar melalui pengamatan, observasi, tanya jawab, dan tugas.
- Penilaian hasil belajar melalui tugas individu/kelompok.
- UTS : 30 % (N1)
- UAS : 40 % (N2)
- Penugasan : 20 % (N3)
- Performan : 10 % (N4)
0 komentar:
Posting Komentar