RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Dasar – Dasar Teknologi Menjahit
Tema : Keselamatan, Kesehatan Kerja dan
Lingkungan Hidup (K3LH)
Pertemuan ke- : 1
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
A. Kompetensi Dasar
1.1.Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa,
melalui menjaga dan melestarikan keutuhan jiwa, raga manusia serta lingkungan
kerja sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya
|
|
2.1. Menunjukkan perilaku amaliah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pekerjaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan pembelajaran
dan melaporkan hasil pekerjaan
|
|
3.1
Mendeskripsikan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 )
|
|
4.1
Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja
|
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Membedakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja
(K3)
2. Melaksanakan langkah keselamatan kerja menjahit
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 )
2. Siswa mampu menyebutkan UU
ketenagakerjaan
3. Siswa mampu mengurutkan prosedur
keselamatan dan kesehatan kerja
4. Siswa mampu melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja
D. Materi Pembelajaran
1. Materi prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (
K3 )
2. Materi UU ketenagakerjaan
E. Metode Pembelajaran
Metode diskusi kelompok dan Penugasan
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1.
Guru mengabsen kehadiran siswa
2.
Guru memberikan informasi tujuan dan manfaat
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
B. Inti
|
1.
Guru
mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok belajar maksimal 4 kelompok
belajar
2.
Guru
memberikan point – point materi yang akan dicari dalam kelompok
3.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari materi melalui berbagai
media ( internet, buku pelajaran di perpustakaan)
4.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan materi yang telah
diolah dalam kelompok
5.
Guru
memberikan kesempatan kepada kelompok lainnya untuk bertanya kepada kelompok
yang sedang presentasi
6.
Guru
memberikan kesempatan kepada kelompok untuk menjawab pertanyaan dari kelompok
lainnya
|
11 . 20 menit
|
C. Penutup
|
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Guru memberikan informasi serta tugas mengenai
materi pembelajaran berikutnya
3.
Guru menutup pelajaran dengan memberi salam
|
10 menit
|
G. Media dan
Sumber Belajar
Media Belajar :
Proyektor /
LCD
Laptop
Sumber belajar :
Buku teks
Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 )
Media
jejaring sosial ( internet )
H. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
Penilaian
1) Instrumen Penilaian sikap
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Mata Diklat :
Kelompok :
Tanggal :
KOMPONEN
|
INDIKATOR
|
|
1. Kedisiplinan
|
:
|
Hadir tepat waktu
Menyelesaikan tugas tepat waktu
|
2. Tanggung
jawab
|
:
|
Memiliki tanggung jawab untuk
menyelesaikan tugas dengan baik
|
3. Kesantunan
|
:
|
Santun dalam berbicara,
berperilaku, berbusana berdasarkan norma-norma umum
|
4. Kerjasama
|
:
|
Mampu bekerjasama dalam
menyelesaikan tugas dan bersama-sama mencari solusiterhadap permasalahan yang
dihadapi kelompok
|
5. Komitmen
|
;
|
Memiliki komitmen terhadap
ketercapaian tujuan diklat, baik secara individu maupun kelompok
|
NO.
|
NAMA
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total Skor
|
Nilai
Sikap
|
||||
Kedisi-plinan
|
Tanggung
jawab
|
Kesan-tunan
|
Kerjasa-ma
|
Komit-men
|
||||
NILAI
|
PREDIKAT
|
92.50
-100
|
Sangat
Memuaskan
|
85.00-92.49
|
Memuaskan
|
77.50-84.99
|
Baik
Sekali
|
70.00-77.49
|
Baik
|
<
70.00
|
Tidak
Lulus
|
……….., ………2013
Fasilitator,
......................................................
2)Instrumen
Penilaian Keterampilan ( Proses Pembelajaran )
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
(PROSES PEMBELAJARAN)
Mata Diklat :
Kelompok :
Tanggal :
KOMPONEN
|
INDIKATOR
|
|
1. Keterampilan berpikir
|
:
|
Menunjukkan cara berfikir
logis, rasional dan sistematis dalam membuat persiapan, pelaksanaan dan
evaluasi pembelajaran mengacu kepada prinsip SMART
|
2. Keterampilan reaktif
|
:
|
Memberikan respon secara
efektif terhadap peristiwa dan situasi
yang terjadi dalam proses pembelajaran dengan pendekatan berpikir positif
|
3. Keterampilan interaktif
|
:
|
Mampu berkomunikasi secara
efektif dan tidak mendominasi setiap
topik pembicaraan dengan menggunakan body
language yang positif
|
4. Keterampilan
berkontribusi dalam kelompok
|
:
|
Memberikan kontribusi yang
bermanfaat dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompok
|
5. Keterampilan
memimpin
|
:
|
Mampu menggerakkan,
mengarahkan, mendorong dalam menyelesaikan setiap kegiatan/tugas (Tut
Wuri Handayani)
|
6. Keterampilan
mengkreasi/mencipta
|
:
|
Mampu menghasilkan pembelajaran
yang inovatif dengan standar PAKEM
|
NO.
|
NAMA
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total Skor
|
Nilai
Keterampilan
|
|||||
Keteram-pilan berpikir
|
Keterampilan reaktif
|
Keterampilan interaktif
|
Keterampilan berkontribusi
|
Keterampilan memimpin
|
Kete-rampilan mengkreasi
|
||||
1.
|
|||||||||
NILAI
|
PREDIKAT
|
92.50
-100
|
Sangat
Memuaskan
|
85.00-92.49
|
Memuaskan
|
77.50-84.99
|
Baik
Sekali
|
70.00-77.49
|
Baik
|
<
70.00
|
Tidak
Lulus
|
2013
Fasilitator,
......................................................
Soal individu:
1. Apa yang dimaksud dengan
keselamatan kerja ?
2. sebutkan hal – hal yang berkaitan
dengan hygien dan sanitasi tempat kerja!
3. Sebutkan tujuan dari K3LH menurut
ILO/WHO!
4. Jelaskan ragam bahaya berikut ini
dan cara mengatasinya:
a. Bahaya kebakaran
b. Bahaya radiasi
c. Bahaya luka bakar
d. Bahaya aliran listrik
e. Bahaya infeksi
5. Sebutkan alat – alat yang dapat
memproteksi diri!
Kunci jawaban:
1. Kesehatan kerja adalah bagian dari ilmu kesehatan yang bertujuan agar
tenaga kerja memperoleh keadaan kesehatan yang sempurna baik fisik, mental
maupun sosial sehingga memungkinkan dapat bekerja secara optimal.
2. Hal-hal yang berkaitan dengan hygiene dan sanitasi tempat kerja
antara lain:
• Penerangan atau pencahayaan dalam ruangan kerja/workshop harus
disesuaikan/diatur dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.
• Pengontrolan udara dalam ruangan kerja.
• Suhu udara dalam ruangan kerja.
• Tekanan udara dalam ruangan kerja.
• Pencahayaan
3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja menurut ILO / WHO adalah Kesehatan dan
keselamatan kerja bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan kerja yang
setinggi-tingginya baik fisik, mental dan sosial di tempat kerja; upaya
pencegahan terhadap penyakit yang diakibatkan oleh kondisi kerja; Mencegah
pekerja dari faktor-faktor risiko di tempat kerjanya yang berpengaruh bagi
kesehatan; Penempatan kembali dan pemeriksaan kesehatan pekerja yang disesuaikan
dengan kondisi fisiologis dan kemampuan psikologis, dan disimpulkan
menyesuaikan pekerjaan dengan pekerja maupun pekerja dengan pekerjaannya.
4. Ragam bahaya berikut ini dan cara
mengatasinya:
a. Bahaya kebakaran :
Dapat timbul karena beberapa faktor
yaitu, faktor manusia, faktor teknis, faktor alam
b. Bahaya radiasi :
Bahaya radiasi merupakan bahaya
ergonomi dari segi tata letak yang tidak memadai termasuk bahaya fisik
c. Bahaya luka bakar
Disebabkan zat – zat yang
berbahaya seperti cairan kimia, tegangan listrik
d. Bahaya aliran listrik
Penggunaan peralatan listrik yang
tidak tepat mengakibatkan adanya hubungan pendek arus listrik
e. Bahaya infeksi
Bahaya yang disebabkan oleh
penyebaran kuman, virus dan parasit
5. alat – alat yang dapat
memproteksi diri:
a. untuk kepala : pengikat dan
penutup rambut, topi, helm
b. untuk mata : pelindung mata
c. untuk muka :pelindung muka
d. untuk tangan dan jari : sarung
tangan, bidal
e. untuk kaki : sepatu / sandal
f. untuk alat pernafasan :
respirator atau masker khusus
g. untuk telinga : pelindung telinga
h. untuk tubuh : pakaian kerja yang
memenuhi persyaratan sesuai jenis pekerjaan
penilaian :
No. Soal
|
Kriteria penilaian
|
Bobot Nilai
|
1
|
Menjawab benar
|
20
|
2
|
Menjawab 1 point benar
Menjawab 2 point benar
Menjawab 3 point benar
Menjawab 4 point benar
Menjawab 5 point benar
|
4
8
12
16
20
|
3
|
Menjawab benar
|
20
|
4
|
Menjawab 1 point benar
Menjawab 2 point benar
Menjawab 3 point benar
Menjawab 4 point benar
Menjawab 5 point benar
|
4
8
12
16
20
|
5
|
Menjawab 1 point benar
Menjawab 2 point benar
Menjawab 3 point benar
Menjawab 4 point benar
Menjawab 5 point benar
Menjawab 6 point benar
Menjawab 7 point benar
Menjawab 8 point benar
|
2,5
5,0
7,5
10
12,5
15
17,5
20
|
Total skor
|
100
|
Jakarta, Agustus 2013
Guru Bidang Studi
( )
0 komentar:
Posting Komentar