Minggu, 12 Desember 2010

UAS EPO RUANG C NON REGULER MAP

PROGRAM PASCASARJANA STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG
MANAJEMEN ADMINSTRASI PUBLIK

UJ1AN AKHIR SEMESTER I ANGKATAN XIII
MATA KULIAH : ETIKA PERILAKU ORGAN1SASI
HARI/JAM : SABTU, 23 APRIL 2011 / 10.00 WIB
KELAS/RUANG : C NON REGULER / EKSEKUTIF
DOSEN : YULIA TRI SAMIHA


SOAL

A. Gunawan adalah direktur pemasaran sebuah perusahaan mainan yang besar. Saat ini, tim eksekutifnya terdiri dari semua pria kulit putih. Perusahaan mengatakan bahwa mereka komitmen terhadap diversitas dan kesempatan yang sama. Dalam pembicaraan pribadi dengan Sahilmi , presiden perusahaan, mengenai pembentukan manajemen level atas pada departemen pemasaran, Gunawan mengakui bahwa dia cenderung mempromosikan orang yang seperti dirinya.

Gunawan berkata, “Kelihatannya saja saat ada kesempatan promosi pada departemen kami, orang yang sempurna untuk pekerjaan tersebut pasti pria berkulit putih. Apakah saya seharusnya mencari perempuan dan kaum minoritas, sekalipun saya tidak merasa mereka adalah orang terbaik untuk pekerjaan tersebut? Lagipula, kita tidak melanggar hukum bukan ?“

Sahilmi menanggapi ,” sejauh ini, kinerja departemen anda bagus, dan sejauh ini saya tahu bahwa kita tidak melanggar hukum diskriminasi apapun. Tim manajemen anda kelihatannya bekerjasama dengan baik, dan kita tidak ingin hal apapun mengganggu hal tersebut, terutama mengingat rencana pemasaran yang besar di tahun pembukuan mendatang.”

Rencana pemasaran Sahilmi mengacu kepada penguasaan sebagian besar pasar luar negeri.Perusahaan berfikir ada ceruk besar di berbagai negara, siapa lagi yang lebih baik mengisi tempat tersebut selain organisasi yang terbukti punya kualitas mainan paling top dengan harga kompetitif? Sekarang, tim pemasaran punya tugas menentukan negara mana yang dituju, dimana mainan akan dijual, dan mainan baru apa yang perlu dikembangkan.

1. Apakah Gunawan dan Sahilmi memahami arti “manajemen diversitas” ? Bagaimana saran anda ?

2. Mengingat rencana pemasaran, bagaimana mereka akan diuntungkan dari tim manajemen yang lebih beragam ? Jelaskan.





B. Idarani adalah karyawan jangka panjang di Carfax Corporation, dan selama beberapa tahun terakhir dia menjadi seorang penyelia di bagian keuangan di perusahan tersebut. Dia sangat loyal kepada carfax dan bekerja keras untuk mengikuti kebijakan dan prosedur perusahaan serta perintah para manajer yang berada diatasnya. Pada kenyataannya, manajemen ditingkat atas sering memikirkannya, mereka selalu dapat mengandalkan Idarani untuk memenuhi berbagai bentuk permintaan perusahaan kepadanya. Dia berharga dan sangat disukai oleh semua manajer kalangan atas. Karyawannya dibagian keuangan memiliki pendapat yang berbada mengenai Idarani. Mereka merasa Idarani terlalu merisaukan bagaimana menyenangkan pembesar tingkat atas dan hampir hampir tidak memerhatikan kebutuhan dan urusan karyawan di departemennya. Sebagai contoh, mereka merasa Idarani tidak pernah sungguh sungguh menekan dengan cukup keras agar anggaran dipotong lebih besar lagi. Sementara itu, departemen lain di perusahaan merasa mereka dibayar kurang dan bekerja berlebihan. Demikian juga ketika salah satu dari mereka memberikan ide atau gagasan baru kepada Idarani untuk sebuah perbaikan, dia selalu memiliki lima alasan mengapa hal itu tidak bisa dilaksanakan. Ada ketidakpuasan yang amat sangat didalam departemen tersebut, dan setiap orang berfikir bahwa Idarani hanyalah boneka dalam manajemen. Kinerja mulai berkurang karena gaya dan kepemimpinannya. Manajemen tingkat atas sepertinya lupa pada situasi di bagian keuangan.
1. Bagaimanakah anda akan menjelaskan gaya kepemimpinan Idarani berkaitan dengan satu atau lebih dari pendekatan kepemimpinannya ?
2. Nasihat apa yang akan anda berikan kepada Idarani untuk memperbaiki pendekatan kepemimpinannya ?
3. Dapatkah diatur program pelatihan kepemimpinan untuk membantu Idarani ? Apa saja isi pelatihan tersebut ?

0 komentar:

Posting Komentar