Kamis, 18 April 2013

UAS ETIKA PRILAKU ORGANISASI




PROGRAM PASCASARJANA STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG
MANAJEMEN ADMINSTRASI PUBLIK

UJ1AN AKHIR SEMESTER I
MATA KULIAH : ETIKA PERILAKU ORGAN1SASI
HARI/JAM : SELASA
/ 16.00 – 17.00 WIB
RUANG : A 
TANGGAL :  23 APRIL 2013
DOSEN : YULIA TRI SAMIHA


SOAL

A. Indra adalah direktur pemasaran sebuah perusahaan mainan yang besar. Saat ini, tim eksekutifnya terdiri dari semua pria kulit putih. Perusahaan mengatakan bahwa mereka komitmen terhadap diversitas dan kesempatan yang sama. Dalam pembicaraan pribadi dengan Lukmanul Hakim , presiden perusahaan, mengenai pembentukan manajemen level atas pada departemen pemasaran, Indra mengakui bahwa dia cenderung mempromosikan orang yang seperti dirinya.

Indra berkata, “Kelihatannya saja saat ada kesempatan promosi pada departemen kami, orang yang sempurna untuk pekerjaan tersebut pasti pria berkulit putih. Apakah saya seharusnya mencari perempuan dan kaum minoritas, sekalipun saya tidak merasa mereka adalah orang terbaik untuk pekerjaan tersebut? Lagipula, kita tidak melanggar hukum bukan ?“

Lukmanul Hakim menanggapi ,” sejauh ini, kinerja departemen anda bagus, dan sejauh ini saya tahu bahwa kita tidak melanggar hukum diskriminasi apapun. Tim manajemen anda kelihatannya bekerjasama dengan baik, dan kita tidak ingin hal apapun mengganggu hal tersebut, terutama mengingat rencana pemasaran yang besar di tahun pembukuan mendatang.”

Rencana pemasaran Lukmanul Hakim mengacu kepada penguasaan sebagian besar pasar luar negeri.Perusahaan berfikir ada ceruk besar di berbagai negara, siapa lagi yang lebih baik mengisi tempat tersebut selain organisasi yang terbukti punya kualitas mainan paling top dengan harga kompetitif? Sekarang, tim pemasaran punya tugas menentukan negara mana yang dituju, dimana mainan akan dijual, dan mainan baru apa yang perlu dikembangkan.

1. Apakah Indra dan Lukmanul Hakim memahami arti “manajemen diversitas” ? Bagaimana saran anda ?

2. Mengingat rencana pemasaran, bagaimana mereka akan diuntungkan dari tim manajemen yang lebih beragam ? Jelaskan.

0 komentar:

Posting Komentar