Kamis, 18 April 2013

UAS ETIKA PRILAKU ORGANISASI



PROGRAM PASCASARJANA STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG
MANAJEMEN ADMINSTRASI PUBLIK

UJ1AN AKHIR SEMESTER I 
MATA KULIAH : ETIKA PERILAKU ORGAN1SASI
HARI/JAM : SABTU, 27 APRIL 2013 / 8.30 - 10.00 WIB
KELAS/RUANG : C 
DOSEN : YULIA TRI SAMIHA


 Bobiman telah menjadi kepala bagian untuk grub akuntan di sebuah Company selama 14 tahun. Bosnya Bima Purwantoro Roso merasa bahwa Bobiman siap untuk dipromosikan menjadi staf keuangan perusahaan, tetapi merupakan kebijakan perusahaan utnuk mengirim orag seperti Bobiman ke University Executive Development Program sebelum promosi tersebut dilakukan. Bobiman telah mendaftar untuk mengikuti program tersebut; salah satu bagian pertama berkaitan dengan prilaku organisasi.Bobiman merasa bahwa setelah 14 tahun mengelola orang, ini akan menjadi sesuatu yang mudah. Akan tetapi, selama pembahasan mengenai prilaku organisasi, profesor memberikan beberapa komentar yang mengganggu Bobiman
Profesor mengatakan: Kebanyakan manajer mengetahui bidang keahlian fungsional, tetapi tidak becus mengelola karyawan mereka. Salah satu masalahnya adalah karena manajer punya banyak pengalaman dengan orang, mereka pikir mereka ahli. Kenyataannya adalah, ahli prilaku baru mulai memahami prilaku manusia. Selain itu, agar efektif mengelola orang, kita juga harus dapat memprediksi dan mengontrol prilaku organisasi dengan lebih baik. Beberapa contoh yang sekarang sedang dikembangkan diharapkan dapat membantu manajer memahami, memprediksi dan mengelola prilaku organisasi dengan lebih baik.
Bobiman  sedih dengan kenyataan bahwa profesornya secara jelas mengabaikan nilai dalam pengalaman dalam mengelola orang, dan dia tidak dapat melihat bagaimana kerangka konseptual yang diimpikan beberapa profesor dapat membantu dirinya mengelola orang dengan lebih baik.
1. Apakah menurut anda Bobiman punya alasan untuk kegelisahannya setelah mendengar profesor tersebut?
2. Apakah tujuan kerangka konseptualnya ? Bagaimana anda akan menimbang nilai relatif dari memelajari teori dan penemuan penelitian versus pengalaman “dari kuliah” untuk manajemen manusia yang efektif ?
3. Dengan mempergunakan kerangka konseptual , bagaimana anda akan menjelaskan padaBobiman bahwa kerangka tersebut dapat membantu dirinya mengelola orang dengan lebih baik dalam organisasinya ?

0 komentar:

Posting Komentar