Rabu, 25 Juni 2014

RPP POLA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.NO. 1)
KURIKULUM SMK NEGERI
Nama Sekolah                   : SMK Negeri 
Ma ta Pelajaran                   : Membua t pola II
Kelas/Semes ter                 : X/2
Pertemuan                           : 1,2
Alokasi Waktu                      : 48 Jam @ 45 Meni t (2 kali pertemuan)
Standar Kompe tensi         : Membua t pola (pattern making)
Kode Kompe tensi               : BB.103.PM X.XI.XII. 1.2
Kompe tensi Dasar             :1.Menguraikan                  macam-macam           teknik
pembua tan pola( teknik kons truksi dan teknik drapping)
Indika tor                                                :1.Membua t pola kons truksi di terapkan pada
jenis busana yang sesuai.
2.  Mendeskripsikan dan membua t pola drapping pada jenis busana yang sesuai
3.  Menganalisis danmendemonstrasikan pola dasar dengan teknik drapping.
4.  Menganalisis dan membua t pola busana wani ta sesuai dengan desain.

 
I. Tujuan Pembelajaran:
Tujuan Ins truksional (instructional effects):
Setelah mempelajari Kompeten si da sar menguraikan macam-macam teknik pembuatan pola (teknik kon struksi dan teknik drapping) pe serta didik dapat:
·                      Membuat pola kon struksi pada jeni s bu sana yang se suai.
·                      Mende skrip sikan dan membuat pola drapping pada jeni s bu sana yang se suai.
·             Menganali si s dan mendemon stra sikan pola da sar dengan teknik drapping.
·                           Menganali si s dan membuat pola bu sana wanita se suai dengan de sain.

Tujuan Pengiring (nurturant effects):
·       Pe serta didik dapat bekerja sama dalam mendi sku sikan pola kon struksi diterapkan pada jeni s bu sana yang se suai dan menerapkan pola drapping pada jeni s bu sana yang se suai.
·       Pe serta didik dapat bertanggungjawab, disiplin, jujur                dan peduli
lingkungan dalam pembuatan pola da sar menggunakan teknik anali si s pola drapping dan pola bu sana wanita se suai dengan de sain.

II. Ma teri Pembelajaran
·        Pola kon struksi
·        Pola drapping
·        Pola da sar teknik drapping
·        Pola bu sana wanita

III. Me tode Pembelajaran (S tra tegi Pembelajaran)
Metode yang digunakan pada materi pelajaran berda sarkan SK dan KD adalah;
·       Tanya jawab dan berdi sku si se suai dengan materi pembelajaran
·       Memperagakan dan mempre senta sikan urutan materi pelajaran
·       Pe serta didik aktif berdi sku si, tanya jawab, praktik dan demon stra si dalam kegiatan proses belajar mengajar.
·       Pemberian tuga s guna dapat menyimpukan1merangkum materi pelajaran melalui di sku si dan pre senta se.

IV. Langkah-langkah Kegia tan Pembelajaran
Kegia tan Awal
a. Pertemuan pertama
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam mende skrip sikan pola kon struksi yang diterapkan pada jeni s bu sana yang se suai dan pola drapping diterapkan pada jeni s bu sana yang se suai.
·        Secara kelompok pe serta didik bersikap jujur dan disiplin dalam membuat pola kon struksi yang diterapkan pada jeni s bu sana yang se suai dan pola drapping diterapkan pada jeni s bu sana yang se suai.
·        Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.


 
Kegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.    Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan              dalam         mengikuti
kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta si.
b.    Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur,  disiplin dan rasa ingin tahu tentang cara dan teknik pembuatan pola kon struksi dan pola drapping yang diterapkan pada jeni s bu sana yang se suai
c.    Ke terampilan
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam membuat pola kon struksi dan drapping yang diterapkan pada jeni s bu sana yang se suai.
dan pola drapping yang diterapkan pada bu sana yang se suai.
Kegia tan Awal
b. pertemuan kedua
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·  Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam menganali si s pola da sar menggunakan teknik drapping pada bu sana wanita se suai dengan de sain.
·        Secara kelompok pe serta didik bersikap jujur dan disiplin dalam membuat dan mendemon stra sikan pola da sar teknik drapping pada bu sana wanita.
·  Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.


 
Kegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.   Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan              dalam         mengikuti
kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta se
b.   Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur, disiplin  dan rasa ingin tahu tentang cara menganali si s pola da sar dengan menggunakan teknik drapping pada bu sana wanita.
c.   Ke terampilan:
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam membuat dan mendemon stra sikan pola da sar dengan teknik drapping pada bu sana wanita.

Text Box: V. Ala t Bahan/Sumber Belajar
a. Alat dan bahan Pelajaran
• Media pembelajaran
• OHP
• LCD
b. Sumber Belajar
• Modul bahan ajar
• Pembuatan pola bu sana wanita II
• Buku pengetahuan Drapping
Text Box: VI. Penilaian:
Prosedur Penilaian
• Te s Tertuli s
• Te s Li san
• Te s Perbuatan (praktik)
• Te s Demon stra si

Butir Soal
1.      Apa yang dimaksud dengan pola kon struksi !
2.      Jela skan perbedaan pembuatan pola dengan teknik drapping dengan teknik kon struksi !
3.      Sebutkan alat dan bahan untuk membuat pola !
4.      Jela skan! Apa yang dimaksud dengan bu sana wanita dan berikan 3 contoh!
5.      Sebutkan 3 macam bu sana wanita ditinjau dari waktu dan ke sempatan!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.NO. 2)
KURIKULUM SMK NEGERI
Nama Sekolah                     : SMK Negeri    
Ma ta Pelajaran                   : Membua t pola II
Kelas/Semes ter                 : X/2
Pertemuan                           : 3,4,5
Alokasi Waktu                      : 3 @ 45 Meni t (3 kali pertemuan)
Standar Kompe tensi         : Membua t pola (pattern making)
Kode Kompe tensi               : BB.103.PM X.XI.XII. 1.2
Kompe tensi Dasar             :1.Mengukur Tubuh
Indika tor                                                :1.mampu menyiapkan dan menggunakan ala t
ukur yang standar
2.mengukur dan menggunakan ala t ukur yang standar
II. Tujuan Pembelajaran:
Tujuan Ins truksional (instructional effects):
Setelah mempelajari Kompeten si da sar mengukur tubuh pe serta didik dapat:
·        Cermat dan teliti dalam menyiapkan dan menggunakan alat ukur yang standar.
·        Mengukur dan menggunakan alat ukur yang standar.

Tujuan Pengiring (nurturant effects):
·        Pe serta didik dapat bekerja sama dalam menyiapkan dan menggunakan alat ukur yang standar.
·        Pe serta didik dapat bertanggungjawab, disiplin, jujur dan peduli lingkungan dalam mengukur dan menggunakan alat ukur yang standar.

III. Ma teri Pembelajaran
·      Alat ukur yang standar
·                                              Mengambil ukuran

IV. Me tode Pembelajaran (S tra tegi Pembelajaran)
Metode yang digunakan pada materi pelajaran berda sarkan SK dan KD adalah;
·        Tanya jawab dan berdi sku si se suai dengan materi pembelajaran
·        Memperagakan dan mempre senta sikan urutan materi pelajaran
·        Pe serta didik aktif berdi sku si, tanya jawab, praktik dan demon stra si dalam kegiatan proses belajar mengajar.
·        Pemberian tuga s guna dapat menyimpukan1merangkum materi pelajaran melalui di sku si dan pre senta se.

V. Langkah-langkah Kegia tan Pembelajaran
Kegia tan Awal
b. Pertemuan pertama
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.


 
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.       Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan              dalam          mengikuti
kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta si.
b.       Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur,  disiplin dan rasa ingin tahu menganali si s macam-macam ukuran se suai de sain.
c.   Ke terampilan
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam menganali si s macam-macam ukuran se suai de sain.
.
Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam menganali si s macam-macam ukuran se suai de sain.
·        Secara kelompok pe serta didik bersikap jujur dan disiplin cermat dan teliti dalam menentukan ukuran se suai de sain . Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.

Kegia tan Awal
c. pertemuan kedua dan ke tiga
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam mengambil ukuran tubuh.
·        Secara kelompok pe serta didik bersikap jujur dan disiplin dalam mengambil ukuran tubuh.
·  Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.

Text Box: Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a. Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta se
b. Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur, disiplin  dan rasa ingin tahu tentang cara mengambil ukuran tubuh.
c. Ke terampilan:
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam mengambil ukuran tubuh.
Text Box: VI. Ala t Bahan/Sumber Belajar
a. Alat dan bahan Pelajaran
• Media pembelajaran
• OHP
• LCD
b. Sumber Belajar
• Modul bahan ajar
• Tata bu sana jilid II

VII. Penilaian:
Prosedur Penilaian
·        Te s Tertuli s
·        Te s Li san
·        Te s Perbuatan (praktik)
·        Te s Demon stra si
Butir Soal
Sebutkan cara-cara pengambilan ukuran badan se suai dengan standar!


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.NO. 3)
KURIKULUM SMK NEGERI
Nama Sekolah                  : SMK Negeri  
Ma ta Pelajaran                             : Membua t pola II
Kelas/Semes ter                            : X/2
Pertemuan                           : 6,7,8,9
Alokasi Waktu                     : 4@45 meni t (4 kali pertemuan)
Standar Kompe tensi                  : Membua t pola (pattern making)
Kode Kompe tensi                         : BB.103.PM X.XI.XII. 1.2
Kompe tensi Dasar                       :1.Membua t pola dasar dengan teknik
konstruksi.
Indika tor                                :1.Ala t dan tempa t kerja un tuk membua t pola
disiapkan dengan memperha tikan K3LH dan standar ergonomic.
2.   Ala t dan bahan pembua tan pola disiapkan sesuai kebu tuhan.
3.   Ukuran pola disiapkan sesuai kebu tuhan.
4.   Pola dibua t secara efisien sesuai prosedur dan teknik yang benar berdasarkan desain dan ukuran pemesan.
5.   Pola              diberi tanda sesuais tandar yang
berlaku.
6.   Pola diberi nomor sesuai teknik penomoran pola yang berlaku.
7.   Bagian-bagian gambar pola diperiksa sesuai ukuran pemesan dan diperbaiki bila perlu.
8.   Garis dan ben tuk pola diperiksa sesuai desain.
9.   Jumlah komponen pola dicek kembali dan disiapkan un tuk digun ting.
10.           Ala t dipilih dengan tepa t sesuai dengan kebu tuhan.

11.   Pola digun ting tepa t pada garis pola sesuai prosedur.
12.   Pola diuji coba dengan menggunakan bahan sesungguhnya.
13.   Jumlah komponen pola diperiksa sesuai desain.
14.   Pola dikemas dilengkapi dengan iden ti tas desain sesuai standard yang berlaku.
15.   Pola disimpan sesuai standard yang berlaku.
I.Tujuan Pembelajaran:
Tujuan Ins truksional (instructional effects):
Setelah mempelajari Kompeten si da sar membuat pola da sar dengan teknik kon struksi pe serta didik dapat:
·        Menentukan tempat dan alat kerja se suai pro sedur dan langkah kerja.
·        Menentukan alat dan bahan dalam pembuatan pola se suai kebutuhan.
·        Mengambil ukuran se suai ukuran peme san.
·        Membuat pola da sar berda sarkan de sain.
·        Memberikan tanda-tanda pola dengan cermat dan teliti.
·        Memberikan penomoran pola se suai dengan standar yang brlaku.
·        Memeriksa bagian-bagian pola se suai dengan ukuran peme san
·        Memeriksa gari s dan bentuk pola se suai dengan de sain.
·        Melakukan pengecakan pola sebelum digunting.
·        Memilih alat untuk menggunting pola.
·        Menggunting pola se suai dengan pro sedur.
·        Melakukan uji coba pola se suai dengan pro sedur.
·        Memeriksa komponen pola se suai dengan de sain.
·        Melakukan pengema san pola lengkap dengan identita s de sain
·        Melakukan penyimpanan pola lengkap dengan identita s de sain.

Tujuan Pengiring (nurturant effects):
·       Pe serta didik dapat bekerja sama      dalam mendi sku sikan penentuan
tempat,alat dan bahan untuk membuat pola serta pengambilan ukuran hingga pembuatan pola da sar berda sarkan de sain dan ukuran peme san
·       Pe serta didik dapat bertanggungjawab, disiplin, jujur     dan peduli
lingkungan dalam pemberian tanda dan penomoran pola serta dalam pemeriksaan bagian-bagian pola hingga pemerik saan bagian-bagian pola se suai dengan ukuran peme san.
·       Pe serta didik saling menghargai, jujur, disiplin, dan peduli lingkungan dalam melakukan pengecekan pola sebelum digunting, memilih alat untuk menggunting hingga melakukan pengguntingan pola se suai pro sedur.
·       Pe serta didik dapat bertanggung jawab, di siplin, jujur dan peduli lingkungan dalam uji coba dan jumlah komponen pola dengan menggunakan bahan se sungguhnya dan diperiksa berda sarkan de sain serta pengema san pola kemudian di simpan se suai dengan standar yang berlaku.

II.Materi Pembelajaran
·        Alat dan tempat kerja
·        Alat dan bahan mmembuat pola
·        Mengambil ukuran
·        Pola da sar de sain
·        Tanda-tanda pola
·        Penomoran pola
·        Bagian-bagian pola
·        Gari s dan bentuk pola
·        Pengecekan komponen pola
·        Alat gunting pola
·        Menggunting pola
·        Uji coba pola
·        Pemeriksaan pola
·        Pengema san pola
·        Penyimpanan pola
III.Me tode Pembelajaran (S tra tegi Pembelajaran)
Metode yang digunakan pada materi pelajaran berda sarkan SK dan KD adalah;
·          Tanya jawab dan berdi sku si se suai dengan materi pembelajaran
·  Memperagakan dan mempre senta sikan urutan materi pelajaran
·  Pe serta didik aktif berdi sku si, tanya jawab, praktik dan demon stra si dalam kegiatan proses belajar mengajar.
·  Pemberian tuga s guna dapat menyimpukan1merangkum materi pelajaran melalui di sku si dan pre senta se.

IV.Langkah-langkah Kegia tan Pembelajaran
Kegia tan Awal
a.Pertemuan pertama
·  Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·  Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·  Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·  Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·  Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·  Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·  Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam mendi sku sikan penentuan tempat, alat dan bahan untuk membuat pola serta pengambilan ukuran hingga pembuatan pola da sar berda sarkan de sain dan ukuran peme san
·  Secara kelompok pe serta didik bersikap jujur dan disiplin dalam penentuan tempat, alat dan bahan untuk membuat pola serta pengambilan ukuran hingga pembuatan pola da sar berda sarkan de sain dan ukuran peme san.
·        Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.

Kegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.   Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta si.
b.   Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur, disiplin  dan rasa ingin tahu tentang cara dan teknik penentuan tempat, alat dan bahan untuk membuat pola serta pengambilan ukuran hingga pembuatan pola da sar berda sarkan de sain dan ukuran peme san
c.   Ke terampilan
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam menentukan tempat, alat dan bahan untuk membuat pola serta pengambilan ukuran hingga pembuatan pola da sar berda sarkan de sain dan ukuran peme san.

Kegia tan Awal
b. pertemuan kedua
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·       Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam pemberian tanda dan penomoran pola serta dalam pemeriksaan bagian-bagian pola hingga pemeriksaan gari s dan bentuk pola se suai dengan de sain
·       Secara kelompok pe serta didik bersikap  jujur dan  disiplin dalam pemberian tanda dan penomoran pola serta dalam pemeriksaan bagian­bagian pola hingga pemeriksaan gari s dan bentuk pola se suai dengan de sain.
·       Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.


 
Text Box: KOMPETENSI KEAHLIAN : BUSANA BUTIK RPP: TATA BUSANAKegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.   Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta se
b.      Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur, disiplin  dan rasa ingin tahu tentang cara pemberian tanda dan penomoran pola serta dalam pemeriksaan bagian-bagian pola hingga pemerik saan gari s dan bentuk pola se suai dengan de sain
c.  Ke terampilan:
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam pemberian tanda dan penomoran pola serta dalam pemeriksaan bagian-bagian pola hingga pemeriksaan gari s dan bentuk pola se suai dengan de sain

Kegia tan Awal
c. Pertemuan ke tiga
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media
pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.
Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam melakukan pengecekan pola sebelum digunting serta memilih alat untuk menggunting hingga melakukan pengguntingan pola se suai pro sedur.
·                      Secara kelompok pe serta didik bersikap  jujur dan  disiplin dalam melakukan pengecekan pola sebelum digunting, memilih alat untuk menggunting hingga melakukan pengguntingan pola se suai pro sedur.
·        Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.

Text Box: KOMPETENSI KEAHLIAN : BUSANA BUTIK RPP: TATA BUSANAKegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.    Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta se
b.    Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur, disiplin  dan rasa ingin tahu tentang melakukan pengecekan pola sebelum digunting, memilih alat untuk menggunting hingga melakukan pengguntingan pola se suai pro sedur.
c.  Ke terampilan:
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam melakukan pengecekan pola sebelum digunting, memilih alat untuk menggunting hingga melakukan pengguntingan pola se suai pro sedur.
Kegia tan Awal
d. Pertemuan keempa t
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media
pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam melakukan uji coba dan jumlah komponen                                   pola dengan menggunakan bahan
se sungguhnya dan diperiksa berda sarkan de sain serta pengema san pola kemudian di simpan se suai dengan standar yang berlaku.
·                      Secara kelompok pe serta didik bersikap  jujur dan  disiplin dalam melakukan dalam uji coba dan jumlah komponen pola dengan menggunakan bahan se sungguhnya dan diperiksa berda sarkan de sain serta pengema san pola kemudian di simpan se suai dengan standar yang berlaku.
·        Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.
Kegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.    Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta se
b.    Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur, disiplin  dan rasa ingin tahu tentang uji coba dan jumlah komponen pola dengan menggunakan bahan se sungguhnya dan diperiksa berda sarkan de sain serta pengema san pola kemudian di simpan se suai dengan standar yang berlaku.
c.  Ke terampilan:
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam melakukan uji coba dan jumlah komponen pola dengan menggunakan bahan se sungguhnya dan diperiksa berda sarkan de sain serta pengema san pola kemudian di simpan se suai dengan standar yang berlaku.

Text Box: VI.Ala t Bahan/Sumber Belajar
a. Alat dan bahan Pelajaran
• Media pembelajaran
• OHP
• LCD
b. Sumber Belajar
• Modul bahan ajar
• Pembuatan pola bu sana wanita II
• Buku pengetahuan Drapping
Text Box: VII.Penilaian:
Prosedur Penilaian
• Te s Tertuli s
• Te s Li san
• Te s Perbuatan (praktik)
• Te s Demon stra si
Text Box: KOMPETENSI KEAHLIAN : BUSANA BUTIK RPP: TATA BUSANA

Butir Soal
1.         Sebutkan 5 macam alat dan bahan dalam pembuatan pola bu sana !
2.         Sebutkan ukuran pola yang di siapkan untuk pembuatan pola badan !
3.         Sebutkan 3 macam tanda-tanda pola !
4.         Sebutkan fung si pemberian tanda-tanda pola!
5.         Jela skan salah satu cara penyimpanan pola se suai dengan standar!

Text Box: KOMPETENSI KEAHLIAN : BUSANA BUTIK RPP: TATA BUSANARENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP.NO. 1)

Nama Sekolah                     : SMK Negeri
Ma ta Pelajaran                   : Membua t pola II
Kelas/Semes ter                 : X/2
Pertemuan                            : 10,11,12,13,14,15,16
Alokasi Waktu                      : 3 @ 45 Meni t (7 kali pertemuan)
Standar Kompe tensi         : Membua t pola (pattern making)
Kode Kompe tensi               : BB.103.PM X.XI.XII. 1.2
Kompe tensi Dasar              :1.Mengubah macam-macam pola blus
Indika tor                                           :1. Macam —macam blus digambar sesuai
desain.
2.    Macam-macam busana rumah digambar sesuai desain.
3.    Pola dilengkapi dengan tanda-tanda pola.
4.    Bahan, model, corak dan warna dipilih sesuai dengan suasana ( waktu dan kesempa tan )
5.    Membua t rancangan bahan dan harga.
I.Tujuan Pembelajaran:
Tujuan Ins truksional (instructional effects):
Setelah mempelajari Kompeten si da sar mengubah macam- macam pola blu s pe serta didik dapat:
·        Membuat macam- macam blu s digambar se suai de sain.
·        Membuat macam-macam bu sana rumah digambar se suai de sain.
·        Membuat pola yang dilengkapi dengan tanda-tanda pola.
·        Menentukan bahan, model, corak dan warna dipilih se suai dengan sua sana ( waktu dan ke sempatan).
·        Membuat rancangan bahan dan harga.

Tujuan Pengiring (nurturant effects):
·  Pe serta didik dapat bekerja sama dalam mendi sku sikan Membuat macam- macam blu s dan bu sana rumah yang digambar se suai de sain
·  Pe serta didik dapat bertanggungjawab, di siplin, jujur dan peduli lingkungan dalam Membuat pola yang dilengkapi dengan tanda-tanda pola.
·  Pe serta didik saling menghargai, jujur, di siplin, dan peduli lingkungan dalam Menentukan bahan, model, corak dan warna dipilih se suai dengan sua sana ( waktu dan ke sempatan) hingga pembuatan rancangan bahan dan harga.

III. Ma teri Pembelajaran
·        Mengubah pola blu s
·        Mengubah pola : <Baby doll
< Pajama s
<Kimono
<Ja s kamar < Da ster
·        Tanda- tanda pola
·        Bahan, model, corak dan warna
·        Rancangan bahan dan harga

IV. Me tode Pembelajaran (S tra tegi Pembelajaran)
Metode yang digunakan pada materi pelajaran berda sarkan SK dan KD adalah;
·       Tanya jawab dan berdi sku si se suai dengan materi pembelajaran
·       Memperagakan dan mempre senta sikan urutan materi pelajaran
·       Pe serta didik aktif berdi sku si, tanya jawab, praktik dan demon stra si dalam kegiatan proses belajar mengajar.
·       Pemberian tuga s guna dapat menyimpukan1merangkum materi pelajaran

V. Langkah-langkah Kegia tan Pembelajaran
Kegia tan Awal
c. Pertemuan pertama dan Kedua
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam mende skrip sikan perubahan pola blu s dan pola rumah se suai de sain.
·        Secara kelompok pe serta didik bersikap jujur dan disiplin dalam Membuat pola yang dilengkapi dengan tanda-tanda pola serta dalam menentukan bahan, model, corak dan warna dipilih se suai dengan sua sana ( waktu dan ke sempatan) hingga merancang bahan dan harga.
·        Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.


 
Kegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.  Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan        dalam         mengikuti
kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta si.
b. Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur,  disiplin dan rasa ingin tahu dalam mende skrip sikan perubahan pola blu s se suai model.
c.  Ke terampilan
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam dalam membuat perubahan pola blu s se suai dengan de sain.
Kegia tan Awal
b. pertemuan ke tiga dan keempa t
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam mengubah macam- macam pola bu sana rumah se suai model dan melengkapi pola dengan tanda-tanda pola.
·        Secara kelompok pe serta didik bersikap  jujur dan  disiplin dalam mengubah macam- macam pola bu sana rumah se suai model dan melengkapi pola dengan tanda-tanda pola.
·       Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.


 
Text Box: KOMPETENSI KEAHLIAN : BUSANA BUTIK RPP: TATA BUSANAKegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.   Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan         dalam         mengikuti
kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta se
b.   Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur, disiplin  dan rasa ingin tahu tentang cara perubahan pola bu sana rumah se suai de sain dan pemberian tanda-tanda pola.
c.   Ke terampilan:
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam merubah pola bu sana rumah se suai de sain dan pemberian tanda-tanda pola.

Kegia tan Awal
c. pertemuan kelima
·  Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·  Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·  Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·  Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·  Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·  Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media
pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam pemilihan bahan, model, corak dan warna se suai denga sua sana (waktu dan ke sempatan).
·        Secara kelompok pe serta didik bersikap  jujur dan  disiplin dalam memilih bahan, model, corak dan warna se suai denga sua sana (waktu dan ke sempatan).
·  Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.

Kegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.   Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan   dalam         mengikuti
kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta se
b.   Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur,  disiplin dan rasa ingin tahu tentang proses pemilihan bahan, model, corak dan warna se suai denga sua sana (waktu dan ke sempatan).
c.  Ke terampilan:
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam memilih bahan, model, corak dan warna se suai denga sua sana (waktu dan ke sempatan).
Kegia tan Awal
d.               pertemuan keenam dan ke tujuh
·        Sebelum memulai PBM pe serta didik melakukan kiagatan PLH (peduli  lingkungan), berdoa se suai keyakinannya, dan ab sen si.
·        Menanamkan rasa percaya diri untuk dapat disiplin, jujur, mandiri, bekerja kera s, kreatif, demokrati s, dan berjiwa wirau saha.
·        Memberikan penjela san umum materi pelajaran se suai kompeten si da sar dan memberi motiva si untuk bi sa belajar aktif.
·        Memberi waktu braim storming ( sumbang fikiran) pe serta didik, guna mengetahui kemampuan dan kompeten si awal pe serta didik.
·        Mempersiapkan media pelajaran se suai dengan kompeten si da sar
·        Memberi ke sempatan pada si swa untuk memperhatikan1menganali sa media pembelajaran dan mempre senta sikan berda sarkan interpreta si pe serta didik.

Kegia tan In ti
Pada kegiatan ini pe serta didik berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·        Menerapkan nilai-nilai religiu s dan peduli lingkungan dalam membuat rancangan bahan dan harga.
·        Secara kelompok pe serta didik bersikap jujur dan disiplin dalam membuat rancangan bahan dan harga.
·        Materi pelajaran yang belum tercapai se suai KD dijela skan kembali dengan pendekatan di sku si dan tanya jawab.


 
Kegia tan Akhir
Guru melakukan penilaian terhadap materi pelajaran melalui tanya jawab, penuga san dan perbuatan se suai dengan:
a.   Sikap:
Religiu s, disiplin, jujur, dan peduli lingkungan         dalam         mengikuti
kegiatan pembelajaran, baik tanya jawab, di sku si, maupun pre senta si.
b. Penge tahuan:
Memiliki kemampuan dan semangat untuk gemar membaca, jujur,  disiplin dan rasa ingin tahu tentang teknik pembuatan rancangan bahan dan harga.
c.   Ke terampilan
Dengan kerja kera s, jujur, disiplin, dan kreatif pe serta didik memiliki kemampuan dalam membuat rancangan bahan dan harga.

Text Box: VI. Ala t Bahan/Sumber Belajar
a. Alat dan bahan Pelajaran
• Media pembelajaran
• OHP
• LCD
b. Sumber Belajar
• Modul bahan ajar
• Pembuatan pola bu sana wanita II
• Macam-macam blu s dan wanita
• Model blad
Text Box: VII. Penilaian:
Prosedur Penilaian
• Te s Tertuli s
• Te s Li san
• Te s Perbuatan (praktik)
• Te s Demon stra si
Text Box: KOMPETENSI KEAHLIAN : BUSANA BUTIK RPP: TATA BUSANA


 
Butir Soal
1.   Carilah 3 macam model blu s dan rubahlah pola se suai dengan model !
2.   Sebutkan beberapa jeni s bu sana rumah
3.   Buatlah rancangan bahan dan harga dari soal no.1

0 komentar:

Posting Komentar