Kamis, 19 Desember 2013

SOAL UAS MATERI IPS MI DES 2013

UJIAN AKHIR SEMESTER
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG

MATA KULIAH : Materi IPS MI
HARI/JAM BELAJAR : Senin/ 07.10 - 08.50 wib
RUANG/KELOMPOK : MI 01, MI 02, MI 03, MI 04
DOSEN : Yulia Tri Samiha M.Pd


PERTANYAAN:


1. Fakta, konsep dan generalisasi merupakan suatu rangkaian sistem yang saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu ketiganya merupakan bahan kajian utama dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. Coba anda jelaskan kedudukan atau peranan fakta, konsep dan generalisasi dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ? dan bagaimana keterkaitan antara fakta, konsep dan generalisasi ?

2. Sebutkan beberapa karakteristik pelapisan sosial  menurut Robin William ? dan jelaskan apa maksud pelapisan sosial bersifat tertutup (closed social stratification) ?
3. Coba anda kemukakan batasan tentang interaksi sosial menurut para ahli psikologi sosial? Dan kemukakan juga interaksi sosial bersifat proses sosial baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif?
4. Terdapat beberapa hal yang berhubungan dengan fenomena fisik (lingkungan alam) dan fenomena manusia (lingkungan sosial). Coba anda jelaskan hal hal yang berhubungan dengan kedua fenomena tersebut dibawah ini
a. Jelaskan hakekat dari ekosistem ?
b. Jelaskan perbedaan aliran dalam hubungan manusia dengan alam lingkungannya yaitu antara  aliran fisis determinis dan posibilis ?
c. Jelaskan sejumlah respon manusia terhadap alam lingkungannya yang menimbulkan kebudayaan ?

5. Selamat bekerja semoga anda sukses

0 komentar:

Posting Komentar