Selasa, 17 April 2012

UAS EPO NON REGULER B MAP

PROGRAM PASCASARJANA STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG
MANAJEMEN ADMINSTRASI PUBLIK

UJ1AN AKHIR SEMESTER I ANGKATAN XVI
MATA KULIAH : ETIKA PERILAKU ORGAN1SASI
HARI/JAM : Sabtu,21 April 2012/ WIB
KELAS/RUANG : NON REGULER B
DOSEN : YULIA TRI SAMIHA

SOAL
A. Wagiran adalah wakil presiden pemanufakturan dan operasional dari perusahaan farmasi berukuran sedang di Singapura. Wagiran punya gelar Ph.D. dalam bidang kimia, tetapi tidak terlibat secara lngsung dalam penelitian dan pengembangan produk baru selama 20 tahun. Ketika mulai mengelola operasi,Wagiran, yang semula “belajar keras” menjadi “organisasi kerjasama”. Perusahaan tidak punya masalah pergantian karyawan (turnover), tetapi jelas bagi Wagiran dan personel manajemen kunci bahwa orang yang bekerja perjam hanya bekerja delapan jam sehari. Mereka tidak bekerja dengan potensi penuh. Wagiran sangat sedih dengan situasi tersebut karena dengan biaya yang meningkat, satu satunya jalan bagi perusahaan agar dapat terus berhasil adalah meningkatkan produktivitas orang yang bekerja perjam.
Wagiran memanggil manajer sumber daya manusia, Marzuki, dan berkata, “apa yang terjadi dengan orang kita? Survei gaji menunjukkan bahwa kita membayar paling tinggi di daerah ini, kondisi kira luar biasa, dan benefit kita sangat menggiurkan. Tetapi orang masih belum termotivasi. Sebenarnya apa yang mereka inginkan di dunia ini?” Marzuki menjawab, “Saya telah memberitahu anda dan presiden berkali kali bahwa uang, kondisi, dan benefit tidaklah cukup. Karyawan juga memerlukan hal lain agar termotivasi. Saya juga telah melakukan beberapa wawancara rahasia dengan beberapa pekerja dengan upah perjam, dan mereka mengatakan bahwa mereka tidak termotivasi karena tidak peduli betapa keras mereka bekerja, mereka memperoleh gaji dan kesempatan yang sama dengan rekan kerja yang hanya bekerja asal-asalan..” Wagiran menjawab,” baiklah, anda adalah ahli motivasi. Apa yang harus kita lakukan? Kita harus meningkatkan kinerja mereka.”
1. Jelaskan”masalah motivasi” dalam organisasi tersebut dalam konteks model kepuasan dari Maslow. Apa “hal lain” yang dimaksud oleh manajer SDM dalam pembicaraan (selain uang, kondisi, dan benefit yang diperlukan untuk memotivasi karyawan) ?
2. Bagaimana anda merespon pertanyaan dan pernyataan terakhir Wagiran jika anda adalah manajer SDM di perusahaan tersebut ?







B. Didi Permana ingin menjadi manajer. Dia menyukai mata kuliah akuntansi, keuangan, dan pemasaran. Hal hal tersebut memberinya beberapa jawaban yang jelas dan tepat. Sekarang profesor pengajar prilaku organisasi di tempat ia kuliah mengatakan bahwa benar benar terdapat sangat sedikit jawaban yang jelas dan tepat untuk mengelola orang. Profesor itu telah membahas tantangan yang muncul, latar belakang sejarah, dan sejumlah cara dimana konsep ilmu prilaku memainkan peranan penting..Didi permana sangat bingung. Dia kesekolah untuk mendapatkan jawaban bagaimana menjadi manajer yang efektif, tetapi pelajaran ini kelihatannya tidak mengarah pada tujuan tersebut.

1. Bagaimana anda mengurangi kecemasan Didi Permana ? Bagaimana matakuliah prilaku organisasi membuatnya menjadi manajer yang lebih baik ?
2. Mengapa profesor mulai dengan pengantar singkat mengenai tantangan yang muncul ?
3. bagaimana mata kuliah prilaku organisasi berbeda dari mata kuliah dalam bidang lain seperti akuntansi, keuangan, atau pemasaran ?


Catatan : Jawaban dikumpul Sabtu,21 April 2012

8 komentar:

bu soalnya di jawab semua atw pilih salah satu gmn bu Tks...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Maaf bu , jadi kapan hasil jawaban yang kita buat dikumpulkan .....?

lihat keterangan diatas pada soal

bu,midtest udah usai...apa nanti bs ktemu bu Yulia lg?tks utk semuanya smoga ibu senantisa dlm lindungaNYA n tetap cantik

@Resty; tentu masih bisa ketemu ibu lagi .

buk jawabnya ditulis tangan atau diketik

Posting Komentar