This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 17 Januari 2017

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER ETIKA PRILAKU ORGANISASI MAP STISIPOL 2017

 PROGRAM PASCASARJANA STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG
MANAJEMEN ADMINSTRASI PUBLIK

UJ1AN AKHIR SEMESTER I 
MATA KULIAH : ETIKA PERILAKU ORGAN1SASI
HARI/JAM : SABTU, 21 Januari 2017
KELAS/RUANG : NON REGULER C 
DOSEN : Dr. Yulia Tri Samiha

Petunjuk: Terdapat dua soal (soal A dan B),baca soal baik baik hingga selesai, pahami soal lalu anda mulai menjawab.

SOAL A

Deli ingin menjadi manajer. Dia menyukai mata kuliah akuntansi, keuangan, dan pemasaran. Hal hal tersebut memberinya beberapa jawaban yang jelas dan tepat. Sekarang Doktor pengajar prilaku organisasi di tempat ia kuliah mengatakan bahwa benar benar terdapat sangat sedikit jawaban yang jelas dan tepat untuk mengelola orang. Doktor itu telah membahas tantangan yang muncul, latar belakang sejarah, dan sejumlah cara dimana konsep ilmu prilaku memainkan peranan penting.Deli sangat bingung. Dia kesekolah untuk mendapatkan jawaban bagaimana menjadi manajer yang efektif, tetapi pelajaran ini kelihatannya tidak mengarah pada tujuan tersebut.

1. Bagaimana anda mengurangi kecemasan Deli ? Bagaimana matakuliah prilaku organisasi membuatnya menjadi manajer yang lebih baik ?
2. Mengapa Doktor mulai dengan pengantar singkat mengenai tantangan yang muncul ?
3. Bagaimana mata kuliah prilaku organisasi berbeda dari mata kuliah dalam bidang lain seperti akuntansi, keuangan, atau pemasaran ?


 SOAL B
 
Asep Sumpena adalah wakil presiden pemanufakturan dan operasional dari perusahaan farmasi berukuran sedang di Singapura. Asep Sumpena punya gelar Ph.D. dalam bidang kimia, tetapi tidak terlibat secara langsung dalam penelitian dan pengembangan produk baru selama 20 tahun. Ketika mulai mengelola operasi,  Asep Sumpena, yang semula “belajar keras” menjadi “organisasi kerjasama”. Perusahaan tidak punya masalah pergantian karyawan (turnover), tetapi jelas bagi Asep Sumpena dan personel manajemen kunci bahwa orang yang bekerja perjam hanya bekerja delapan jam sehari. Mereka tidak bekerja dengan potensi penuh.  Asep Sumpena sangat sedih dengan situasi tersebut karena dengan biaya yang meningkat, satu satunya jalan bagi perusahaan agar dapat terus berhasil adalah meningkatkan produktivitas orang yang bekerja perjam.Asep Sumpena memanggil manajer sumber daya manusia,Apri Yanti dan berkata, “apa yang terjadi dengan orang kita? Survei gaji menunjukkan bahwa kita membayar paling tinggi di daerah ini, kondisi kira luar biasa, dan benefit kita sangat menggiurkan. Tetapi orang masih belum termotivasi. Sebenarnya apa yang mereka inginkan di dunia ini?” Apri Yanti  menjawab, “Saya telah memberitahu anda dan presiden berkali kali bahwa uang, kondisi, dan benefit tidaklah cukup. Karyawan juga memerlukan hal lain agar termotivasi. Saya juga telah melakukan beberapa wawancara rahasia dengan beberapa pekerja dengan upah perjam, dan mereka mengatakan bahwa mereka tidak termotivasi karena tidak peduli betapa keras mereka bekerja, mereka memperoleh gaji dan kesempatan yang sama dengan rekan kerja yang hanya bekerja asal-asalan..”Asep Sumpena menjawab,” baiklah, anda adalah ahli motivasi. Apa yang harus kita lakukan? Kita harus meningkatkan kinerja mereka.”
1. Jelaskan”masalah motivasi” dalam organisasi tersebut dalam konteks model kepuasan dari Maslow. Apa “hal lain” yang dimaksud oleh manajer SDM dalam pembicaraan (selain uang, kondisi, dan benefit yang diperlukan untuk memotivasi karyawan) ?
2. Bagaimana anda merespon pertanyaan dan pernyataan terakhir Asep Sumpena jika anda adalah manajer SDM di perusahaan tersebut ?

Semoga anda sukses.