1.1.Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa,
melalui menjaga dan melestarikan keutuhan jiwa, raga manusia serta lingkungan
kerja sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya
|
|
2.1. Menunjukkan perilaku amaliah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pekerjaan dan berdiskusi
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan pembelajaran
dan melaporkan hasil pekerjaan
|
|
3.1
Mendeskripsikan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 )
|
|
4.1
Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1.
Guru mengabsen kehadiran siswa
2.
Guru memberikan informasi tujuan dan manfaat
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
B. Inti
|
1.
Guru
mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok belajar maksimal 4 kelompok
belajar
2.
Guru
memberikan point – point materi yang akan dicari dalam kelompok
3.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari materi melalui berbagai
media ( internet, buku pelajaran di perpustakaan)
4.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan materi yang telah
diolah dalam kelompok
5.
Guru
memberikan kesempatan kepada kelompok lainnya untuk bertanya kepada kelompok
yang sedang presentasi
6.
Guru
memberikan kesempatan kepada kelompok untuk menjawab pertanyaan dari kelompok
lainnya
|
11 . 20 menit
|
C. Penutup
|
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Guru memberikan informasi serta tugas mengenai
materi pembelajaran berikutnya
3.
Guru menutup pelajaran dengan memberi salam
|
10 menit
|
KOMPONEN
|
INDIKATOR
|
|
1. Kedisiplinan
|
:
|
Hadir tepat waktu
Menyelesaikan tugas tepat waktu
|
2. Tanggung
jawab
|
:
|
Memiliki tanggung jawab untuk
menyelesaikan tugas dengan baik
|
3. Kesantunan
|
:
|
Santun dalam berbicara,
berperilaku, berbusana berdasarkan norma-norma umum
|
4. Kerjasama
|
:
|
Mampu bekerjasama dalam
menyelesaikan tugas dan bersama-sama mencari solusiterhadap permasalahan yang
dihadapi kelompok
|
5. Komitmen
|
;
|
Memiliki komitmen terhadap
ketercapaian tujuan diklat, baik secara individu maupun kelompok
|
NO.
|
NAMA
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total Skor
|
Nilai
Sikap
|
||||
Kedisi-plinan
|
Tanggung
jawab
|
Kesan-tunan
|
Kerjasa-ma
|
Komit-men
|
||||
NILAI
|
PREDIKAT
|
92.50
-100
|
Sangat
Memuaskan
|
85.00-92.49
|
Memuaskan
|
77.50-84.99
|
Baik
Sekali
|
70.00-77.49
|
Baik
|
<
70.00
|
Tidak
Lulus
|
KOMPONEN
|
INDIKATOR
|
|
1. Keterampilan berpikir
|
:
|
Menunjukkan cara berfikir
logis, rasional dan sistematis dalam membuat persiapan, pelaksanaan dan
evaluasi pembelajaran mengacu kepada prinsip SMART
|
2. Keterampilan reaktif
|
:
|
Memberikan respon secara
efektif terhadap peristiwa dan situasi
yang terjadi dalam proses pembelajaran dengan pendekatan berpikir positif
|
3. Keterampilan interaktif
|
:
|
Mampu berkomunikasi secara
efektif dan tidak mendominasi setiap
topik pembicaraan dengan menggunakan body
language yang positif
|
4. Keterampilan
berkontribusi dalam kelompok
|
:
|
Memberikan kontribusi yang
bermanfaat dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompok
|
5. Keterampilan
memimpin
|
:
|
Mampu menggerakkan,
mengarahkan, mendorong dalam menyelesaikan setiap kegiatan/tugas (Tut
Wuri Handayani)
|
6. Keterampilan
mengkreasi/mencipta
|
:
|
Mampu menghasilkan pembelajaran
yang inovatif dengan standar PAKEM
|
NO.
|
NAMA
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total Skor
|
Nilai
Keterampilan
|
|||||
Keteram-pilan berpikir
|
Keterampilan reaktif
|
Keterampilan interaktif
|
Keterampilan berkontribusi
|
Keterampilan memimpin
|
Kete-rampilan mengkreasi
|
||||
1.
|
|||||||||
NILAI
|
PREDIKAT
|
92.50
-100
|
Sangat
Memuaskan
|
85.00-92.49
|
Memuaskan
|
77.50-84.99
|
Baik
Sekali
|
70.00-77.49
|
Baik
|
<
70.00
|
Tidak
Lulus
|
No. Soal
|
Kriteria penilaian
|
Bobot Nilai
|
1
|
Menjawab benar
|
20
|
2
|
Menjawab 1 point benar
Menjawab 2 point benar
Menjawab 3 point benar
Menjawab 4 point benar
Menjawab 5 point benar
|
4
8
12
16
20
|
3
|
Menjawab benar
|
20
|
4
|
Menjawab 1 point benar
Menjawab 2 point benar
Menjawab 3 point benar
Menjawab 4 point benar
Menjawab 5 point benar
|
4
8
12
16
20
|
5
|
Menjawab 1 point benar
Menjawab 2 point benar
Menjawab 3 point benar
Menjawab 4 point benar
Menjawab 5 point benar
Menjawab 6 point benar
Menjawab 7 point benar
Menjawab 8 point benar
|
2,5
5,0
7,5
10
12,5
15
17,5
20
|
Total skor
|
100
|